Instal Open Loader dan Free mc Boot 1.8

Salah satu booting yang akan kita gunakan untuk Open Loader atau Open PS2 Loader adalah dengan memory Card,dan untuk ps2 yang tidak diupgrade chipnya kita bisa minta bantuan dari FREE_MC BOOT.
Pada tutorial ini kita akan menggunakan FREE_MC BOOT 1.8 untuk booting Open PS2 oader agar bisa memainkan game dari hadisk external ataupun flashdisk.
Untuk memulai tutorial tersebut kita persiapkan file yang diperlukan,pren bisas download disini:

Open PS2Loader.elf

FREE_MC BOOT.ELF



Setelah download extract dan copy kedalam USB Flashdisk( rename Open PS2 Loader.elf menjadi BOOT.ELF),Kemudian nyalakan PS2nya dan tancapkan flasdisk.jalankan Ulaunch, Masuk kepath mass:
Langkah pertama adalah instal FREE_MC BOOT ke MC,tancapkan MC diportnya.Selanjutnya pilih Free_Mc Boot.elf dan tekan lingkaran




Untuk instal Free_MC Boot bisa dipilih normal instal atau Multi Version Instal
Normal Instal akan menghasilkan MC Booting buat PS yang digunakan untuk instal,artinya MC Booting tersebut hanya digunakan untuk ps2 itu sendiri
Multi Version Instal akan menghasilkan MC Booting untuk PS2 yang mempunyai region yang sama,seperti amerika ,erope atau jepang 
Ikuti proses instalasinya sampai selesai,kemudian matikan ps2nya,cabut Memory Card.
Nyalakn kembali Playstationnya dan jalankan Ulaunch,langkah selanjutnya kita ajkan menginstal Open PS2 Loader.elf.Masuk dipath mass:/ pilih Open Ps2 Loader yang telah dicopy keflashdisk,tekan R1 pilih copy,kemudian masuk di mc0 (klo memory cardnya dicolokkan di slot 1)pilih folder BOOT dengan menekan lingkaran,kemudan tekan R1 dan pilih paste.
Sampai disini Free_mc boot sudah siap digunakan,cuma pada tampilan awalnya kita harus memilih bootingnya sendiri,untuk memudahkan penggunaan maka terlebih dahulu kita atur free mc boot configurator.
Caranya sebagai berikut,tancapkan MC Bootnya ke slot 1 atau 2,saya memilih slot 2 karena nantinya slot 1 masih bisa dipakai buat mc untk nyimpan game.Kemudian nyalakan Ps2nya masuk dimenu Free_Mc boot 1.8 seperti gambar dibawah:





Selanjutnya pilih Free MC Boot configurator dan tekan X




Tekan X atau O dan akan masuk menu seperti dibawah ini:


Pilih Configure E1 Launch Keys


Pilih Auto tekan lingkaran dan browse





Pilih mc0:/ jika Memory Carddicolokkan dislot 1 atau pilih mc1:/ jika Memory Carddicolokkan di slot2





Pilih folder BOOT/BOOT.ELF 
Selanjutnya pilih Save CNF to mc0:/ jka instalasinya di mc slot 1 atau Save CNF to mc1:/ jika di slot2




Selesai

5 komentar:

mau tanya apa? mengatakan...

Mass bro.. saya baru beli ps2 yang gendut nih,, pake harddisk didalem,, tapi gak pake network adaptor, pake kabel usb yang di colok ke port yang dibawah stik, terus bukan pake hdloader, tapi pake open ps2 loader. kebacanya juga jadi mass storage, bukan HDD.. terus gak pake memory card fisik pula.. jadi pas saya masuk ke browser ada memory di port 2,, padahal gak ada mmc yang nempel sama sekali.. mohon jelasin tu cara bikinnya gimana ya..? saya gak tau itu opl versi berapa, kalo install open loader v0.9 and gak perlu ada mc yang nancep pas booting caranya gimana ya..? mohon pencerahannya..


tambahan masbro: di menu opl ada buat bikin VMC, udah saya bikin foldernya di HDD(tapi ya kebacanya mass storage)pas mau bikin vmc di opl'nya gak ada option apa2,, cuman bikin nama memory nya doang.. pas di coba bkin, tapi gak ngefek.. mohon sangat bantuannya masbro..

kalo sempet bales e-mail aja, tapi bales koment disini juga gak pa2 :
master.game.yoga51@gmail.com

mau tanya apa? mengatakan...

masbro... kan OPL V0.9 udah ada tuh.. cara installnya sama gak..? kira-kira ada cara buat nginstal opl tanpa memory card gak..? soalnya saya baru beli ps2 yang fat (yang gede),, pake harddisk tapi gak pake network adaptor.. alias pake kabel usb.. and kita booting opl tanpa memory card nancep di ps2 nya.. tapi pas saya buka browser,, di situ ada memry card 2.. dan ada file free mc bootnya.. padahal gak ada memory sama sekali di ps.. saya gak tau itu opl versi berapa.. ada opsi buat bikin vmc,, tapi gak ngefek,, alias gak fungsi.. mohon penjelasannya..

amirul mengatakan...

mau tanya@ maaf mas bro bru smpt blas slny lg sbuk ne,
klo msalah ps mas bro itu sbnrny MC ny sdh dsmpan ddlm ps,jd ngk prlu dtncep dr luar jd pling ngk mas bro bngkar psny trus gnti yg bru/istal lgi keMC itu lg jg bsa,klo mslah instal mas bro ikuti aj artikl yg sdh sya msukan dblog ini

amirul mengatakan...

sigit@ stelh psny dmtikn MC nya dcbut dlu gan,trus klo sdh dhdupin dtncepin lg MC ny.

@rizki yulidar mengatakan...

saya mau tanya setelah proses instal free mcboot nya selesai restar ps2nya trus cabut ps2 nya
lalu hidupkan kembali ps 2 nya nah tombol restar yang mana dan setelah dan setelah dihidupkan untuk proses instal open ps2 laodernya itu di pasang lagi gk MC nya

ama klok multi version instal itu kita bisa pekek kesmua veris ps2 fat yah